BLANTERTOKOv103
4788955611872513181

Ketentuan Hukum Memasang Stiker Mobil

 Ketentuan Hukum Memasang Stiker Mobil


Dikala ini memasang stiker mobil dengan meng- cover/ wrapping/ menutup body mobil memakai stiker vinyl lagi jadi trend entah itu sebagian ataupun seluruhnya fullbody wrapping. Nah yang kerap jadi persoalan konsumen Maxgraphica sidoarjo merupakan ketentuan hukum memasang stiker mobil.

sticker pajero fullbody maxgraphica sidoarjo

ayo coba kita ulas gimana hukum nya bagi ketentuan yang berlaku.

Meng- cover mobil dengan stiker, baik itu di seluruh permukaan mobil( full body) maupun sebagian permukaan mobil, bukan tercantum pergantian terhadap spesifikasi teknis dimensi, mesin, dan/ maupun kemampuan tenaga angkut kendaraan bermotor sebagaimana definisi modifikasi kendaraan bermotor. Oleh karena itu, menutup/ wrapping mobil dengan stiker bukanlah tercantum modifikasi kendaraan bermotor.

stiker L300


Pemasangan stiker tidak boleh membahayakan keselamatan lalu lintas ataupun mengusik konsentrasi pemikiran pengendara lain

Bila pemasangan stiker di segala tubuh mobil sampai mengganti cat dasar sehingga berbeda dengan raga corak kendaraan yang tercantum dalam Pesan Ciri No Kendaraan(“ STNK”), hingga ini ialah pelanggaran hukum bila mobil tersebut tidak diregistrasi serta diidentifikasi ulang atas kendaraan tersebut Perihal ini sebab corak dasar raga mobil dengan penjelasan corak kendaraan bermotor pada STNK tidak boleh berbeda.

Bila berbeda, hingga perihal tersebut ialah pelanggaran hukum. Buat menghindarinya, hingga owner mobil harus mengajukan permohonan pendaftaran kendaraan bermotor sebab ini menyangkut perubahan identitas Kendaraan Bermotor serta owner.

Pendaftaran ini dicoba oleh Kepolisian Negeri Republik Indonesia lewat sistem manajemen pendaftaran Kendaraan Bermotor yang ialah bagian dari Sistem Data serta Komunikasi Kemudian Lintas serta Angkutan Jalur serta digunakan buat forensik kepolisian.

Perihal lain yang butuh dicermati merupakan jangan melekatkan stiker yang muat tulisan ataupun foto yang isinya memiliki statment perasaan permusuhan, kebencian ataupun penghinaan.

baca juga : Jasa Cetak Sticker Motor sidoarjo

gimana dengan Stiker Full Body Beda corak dengan warna asli Mobil apakah Melanggar

syarat? informasi tentang otomotif, antara lain dipaparkan jika apabila mobil kita ingin ditukar warnanya karena pemasangan stiker, sampai harus terlebih dahulu kita merubah fakta diri warna yang tertera di STNK. Mengenai ini bertujuan bukan hanya buat tertib administrasi saja, namun yang lebih utama buat pengendalian dan pengawasan kendaraan bermotor.


Dalam taman itu dipaparkan pula jika lebih amannya lagi apabila kita ingin stiker full body mobil, namun warnanya beda dengan warna yang tertera di STNK, kita meminta pesan izin dari pihak kepolisian setempat yang masa berlakunya sampai 3( 3) bulan dan dapat diperpanjang sepanjang sesuai dengan kepentingan yang dimaksud tersebut.

berikut kami bagikan panduan pemasangan stiker supaya tidak melanggar hukum:

Jangan melekat stiker dengan foto ataupun corak mencolok sehingga mengusik konsentrasi pemikiran pengguna jalur yang lain. Perihal ini sekedar bertujuan buat keamanan lalu lintas pula.

Jangan melekat stiker yang berisi tulisan ataupun foto yang isinya memiliki statment perasaan permusuhan, kebencian ataupun penghinaan.

Pasanglah stiker mobil dari bengkel formal ataupun bengkel yang mempunyai SIUP/ NPWP guna keperluan pendataan ulang nantinya.

Buat pemasangan stiker yang temporer( 3 hingga 5 tahun), pengendara mobil yang mobilnya mau dipasang stiker full bodysehingga rupanya berbeda dengan yang tertera di STNK, lebih baik ubah penjelasan menimpa corak di STNK dengan memberi tahu ke pihak kepolisian bagian Kemudian Lintas setempat buat dicoba pendataan ulang pesan kepemilikan kendaraannya. Triknya, bawalah fakta STNK asli berikut salinannya serta diiringi pesan penjelasan ubahan wujud ataupun corak dari bengkel formal ataupun yang mempunyai SIUP/ NPWP.

Begitu menemukan pesan penjelasan dari kepolisian bagian Lalu, lekas membawanya ke Kantor SAMSAT dengan bawa unit mobilnya buat dicoba cek raga buat pendataan ulang.Lanjutkan dengan mengurus administrasi pada Tata Usaha STNK buat diproses.Sehabis menemukan pesan penjelasan, sesi berikutnya pemohonan mengarah loket spesial Rubentina( Rubah Wujud serta Ubah Corak) ataupun loket yang sudah disediakan.

Masih bersumber dari taman yang sama, stiker full body mobil yang warnanya berbeda dengan corak yang tertera di STNK masih dapat ditoleransi tanpa memerlukan Pesan Izin dari Kepolisian ataupun mengubah corak yang ada di STNK, dengan catatan, corak dominan kendaraannya masih sama dengan yang tertera di STNK dan Novel Pemilik Kendaraan Bermotor(“ BPKB”). Mengenai yang perlu diperhatikan ialah mengenai jenis warnanya. Karena ada sebagian ATPM( Agen Tunggal Pemegang Merek) mencantumkan jenis glossy/ metal/ doff dalam fakturnya yang mana itu jadi dasar entry data di STNK dan BPKB.

Menjawab perkara Kalian, memasang stiker pada seluruh bagian mobil bukan pelanggaran hukum sepanjang memenuhi ketentuan- syarat di atas. Apabila pemasangan stiker itu hingga mengubah corak mobil sehingga berbeda dengan STNK tanpa pemilik mengajukan permohonan identifikasi raga kendaraan buat pendataan ulang, sampai itu suatu pelanggaran hukum.

Risikonya, apabila suatu disaat pengemudi mobil terkena razia maupun pengecekan kendaraan bermotor namun tidak dapat menunjukkan STNK yang sesuai dengan raga mobil, sampai ancaman pidananya ialah kurungan sangat lama 2( 2) bulan maupun denda sangat banyak Rp500. 000, 00( 5 ratus ribu rupiah).[6]




Detail Pemesanan

 Ketentuan Hukum Memasang Stiker Mobil
Ketentuan Hukum Memasang Stiker Mobil
Jumlah: : :
Sub-Total :

*Belum termasuk Ongkos kirim

check_circle_outline Produk Lainnya